Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Program "Moddaker" Pembelajaran Online Tafsir Al Qur'an Gratis & Bersertifikat


“Moddaker” adalah salah satu program Markaz Tafsir dan Studi Al Qur’an. Moddaker merupakan program pembelajaran online pertama yang menggunakan beberapa media belajar tekini, agar para pelajar bisa mengetahui dan memahami makna Al Qur’an secara global.

Program “Moddaker” menghadirkan sistem pembelajaran online dari kitab tafsir “Al Mukhtashar Fi Tafsir Al Qur’an Al Karim” versi bahasa Indonesia dalam 5 level dengan masa studi 2 tahun.

Keunggulan Program

1. Gratis sepenuhnya. Tidak dipungut biaya dari awal pendaftaran hingga akhir masa studi.

2. Sistem belajar daring. Dapat diakses dari mana saja menggunakan fasilitas internet.
Masa belajar relatif singkat, hanya 2 tahun.
Untuk semua umur. Tidak ada batasan usia peserta.

3. Tanpa persyaratan ijazah.
Dibimbing langsung oleh Markaz Tafsir dan Studi Al Qur’an.

4. Buku pegangan yang digunakan merupakan salah satu buku tafsir ringkas terbaik.

5. Modul pembelajaran tersedia dalam beberapa bentuk berkas (PDF, HTML, MP3).
Kesempatan mengulang pelajaran dan menyelesaikan materi yang tertunda di setiap pekannya.

6. Monitoring daya serap materi melalui evaluasi rutin harian dan pekanan.

7. Mendapatkan sertifikat bagi yang menyelesaikan dan lulus ujian setiap level program.

Kitab Referensi:

“Al-Mukhtashar fi tafsir Al-Qur’anul karim”
Disusun oleh sekumpulan ulama tafsir dan pakar di bidang studi Al-Qur’an, di bawah pengawasan “Pusat Tafsir dan studi Al-Qur’an”

Keunggulan pembelajaran:

1. Ungkapan dan gaya bahasanya mudah dan jelas

2. Fokus pada tafsir ayat dan tidak masuk pada permasalahan Qira’at, I’rab, dan fiqh.

3. Menjelaskan kosa kata Al-Qur’an yang kurang familiar di sela-sela tafsirnya dengan memberikan warna khusus agar mudah ditemukan bagi yang menginginkannya.

4. Mengikuti metode yang benar dalam penafsiran dengan berpegang pada metode penafsiran yang valid bersumber dari Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam, para sahabat, tabi’in dan tabi’ tabi’in radhiyallahu ‘anhum, dan tetap komitmen kepada dasar-dasar penafsiran yang shahih.

5. Mengutamakan makna yang lebih tepat saat terjadi perbedaan, dengan tetap menjaga kaidah-kaidah penafsiran dan petunjuk yang menguatkan.

6. Mencantumkan petunjuk dan faidah-faidah ayat di bagian akhir setiap halaman yang dapat membantu dalam menghayati ayat-ayat Al-Qur’an dan mengambil manfaat darinya dengan judul “Tuntunan Ayat”.

7. Pengenalan tentang masa turunnya setiap surah (makkiyah atau madaniyah) dan penjelasan ringkas tentang tujuan-tujuan surah.

Mengapa harus “Moddaker” ?

1. Pemahaman global
Belajar makna Al Qur’an secara global, pada setiap level pembelajaran

2. Motivasi bertadabbur
Di sela-sela faedah pada akhir halaman, akan membuka pintu tadabbur bagi hati

3. Pemantapan pemahaman
Dengan evaluasi pengayaan harian, muraja’ah pekanan, dan ujian tingkatan akan membantu memperkuat pemahaman dan konsentrasi

4. Anda telah memulai, maka lanjutkanlah
Setelah anda selesai dari program “Moddaker” maka anda telah meletakkan pondasi yang kuat, anda bisa membangun apa saja yang anda inginkan dari ilmu-ilmu syari’ah yang suci

Sistem pembelajaran

Jenis pembelajaran: Program ini merupakan “pembelajaran jarak jauh” dimana peserta bisa mengikuti pelajaran melalui aplikasi pembelajaran yang telah disediakan, sesuai yang diinginkan.

Masa belajar : 2 tahun.

Level pembelajaran: pembelajaran dibagi ke dalam 5 level.

Level persiapan: materi pelajaran mencakup surah al-Fatihah dan juz 29 – 30.

Level 1: materi pelajaran mulai dari juz 1 sampai akhir juz 7.

Level 2: materi pelajaran mulai dari juz 8 sampai akhir juz 14.

Level 3: materi pelajaran mulai dari juz 15 sampai akhir juz 21.

Level 4: materi pelajaran mulai dari juz 22 sampai akhir juz 28.

Setiap satu juz akan selesai dibahas dalam 4 pekan: hari aktif belajar senin – jum’at, dengan target harian 1 halaman setiap hari.

Hari sabtu dan ahad libur untuk mengulang pelajaran yang telah dipelajari dan mengejar pelajaran yang tertinggal.

Soal-soal evaluasi penguasaan materi akan di share setiap hari, untuk membantu peserta dalam memperkuat pemahaman dan untuk mengetahui sejauh mana peserta menguasai materi pelajaran.

Transisi antar level mengikuti urutan (dari level persiapan, kemudian level 1, kemudian level 2, kemudian level 3, kemudian level 4). Adapun syarat kenaikan level adalah harus dinyatakan lulus pada level sebelumnya.

Penilaian

Total nilai keseluruhan mata pelajaran setiap level 100 poin.

Nilai minimum kelulusan pada setiap level adalah memperoleh nilai 50 poin keatas.

Motivasi agar konsisten

Karena mulianya kedudukan ilmu ini dan sangat urgen untuk dipelajari, maka berikut beberapa nasihat yang bisa memberikan motivasi agar tetap konsisten belajar sampai selesai dan menuai hasil dan manfaat dari program ini:

1. Ikhlaskan niat hanya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala semata, seraya memohon pertolongan dengan penuh kerendahan hati kepada-Nya agar Dia mengajarkan ilmu dan pemahaman kepadamu terhadap Kitab-Nya, dan agar Dia memberikan taufiq-Nya kepadamu untuk senantiasa mentadabburi kitab-Nya, mengamalkan kandungannya, serta mendakwahkannya.

2. Kesungguhan dan tekat yang bulat dalam belajar serta menghadirkan keagungan kitab Allah Subhanahu wa Ta’ala, sebab siapa yang mengetahui kemuliaan dan keagungan apa yang ia pelajari maka ia akan menganggap sepele apa yang ia korbankan, dan siapa yang tampak baginya semburat cahaya pahala niscaya pantang baginya untuk berleha-leha.

3. Ingatlah bahwa kalian sedang berusaha untuk menjadi manusia terbaik; sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam dalam hadits yang shahih: Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya ( HR. Bukhari ). Para ulama mengatakan bahwa hadits ini mencakup orang yang mengajarkan huruf-huruf dan makna-maknanya; bahkan mempelajari makna-makna al-Qur’an merupakan tujuan utama dalam mengajarkan huruf-hurufnya. Yang demikian ini akan mengokohkan keimanan sebagaimana yang diungkapkan oleh Jundub bin Abdillah dan Abdullah bin Umar serta yang lainnya: “Dahulu kami mempelajari tentang keimanan, lalu kemudian kami mempelajari al-Qur’an, maka iman kami pun semakin kuat dan kokoh”.

4. Kami sarankan agar memilih waktu terbaik dan kurang kesibukan untuk mempelajari kurikulum program ini.

5. Jika anda memiliki kitab al Mukhtashar fi Tafsir al-Qur’an atau hard copy dari kitab tersebut, maka anda bisa menulis catatan penting padanya yang bisa membantu anda menguasai dan menguatkan pemahaman anda. Dan jika anda memiliki kitab al-Mukhtashar fi Tafsir al-Qur’an terbitan lama, anda bisa mempelajarinya dan menandai hal-hal yang telah direvisi pada terbitan terbaru yang telah di share di channel pembelajaran.

6. Jika anda tidak memiliki kitabnya, maka disarankan anda memiliki buku tulis khusus untuk mata pelajaran program ini untuk mencatat arti kosakata, maksud dan tujuan surah, serta pelajaran-pelajaran penting dari ayat-ayat al-Qur’an, kemudian mengulang-ulangnya.

7. Memberikan motivasi kepada keluarga, teman, dan kenalan anda, baik tetangga, teman sekolah, teman kuliah, atau jama’ah masjid untuk ikut program ini dan saling membantu dalam mempelajari kurikulumnya.

8. Serius dan bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan kurikulum tepat pada waktunya dan tidak mengulur-ulurnya, Karena itu akan menyebabkan penumpukan pelajaran sehingga akan terasa semakin berat. Dan apabila anda memiliki banyak kesibukan, maka usahakan menyelesaikan target satu pekan dibaca dalam jangka waktu satu hari agar anda bisa mengejar teman-teman anda. Jangan menyerah dan bermalas-malasan walaupun terlambat.

Pendaftaran melalui link berikut ini:👇👇👇👇👇
https://www.moddaker.com/id/indonesia/

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Program "Moddaker" Pembelajaran Online Tafsir Al Qur'an Gratis & Bersertifikat "