Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan Perisai Ghaib 3: Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah (285-286)

Doa dan Dzikir Perlindungan Diri

3. Membaca 2 Ayat Terakhir surat Al-Baqarah (285-286)

آمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَاْلُمؤْمِنُوْنَ كُلٌّ آمَنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَـتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَك َرَبَّنَا وَإِلَيْكَ اْلَمصِيْرُ لاَ يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اْكتَسَبَتْ رَبَّنَا لاَ تُـؤَاخِذْناَ إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْـطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلىَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا لاَ تَحَمِِّلْناَِ مَالاَ طَاقَـةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَناَ فَانْصُرْنَا عَلىَ اْلقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ

"Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kiatab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada engkaulah tempat kembali". Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa dari kejahatan yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau membebankan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir" (QS. Al-Baqarah: 285-286)

Dibaca sekali pada waktu sore, atau sebelum tidur atau dibaca di rumah.

Manfaat Yang Didapatkan

Jaminan keselamatan yang mencukupi segala gangguan.

Dari Abu Mas'ud Al-Anshari, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ بِاْلآيَتَـيْنِ مِنَ آَخِـرِ سُـوْرَةِ اْلبَقَـرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

"Barangsiapa yang membaca dua ayat dari surat Al-Baqarah pada suatu malam, maka cukuplah baginya (untuk jaminan keselamatan)". (HR. Al Bukhari no: 5019, pada bab Fadhailil Qur'an, Muslim no: 808, pada bab Fdhl faatihatil kitab wa khawatimil baqarah)

Pengusir setan dari rumah selama tiga hari.

Dari Nu'man bin Basyir radhiyallahu anhu ia berkata: Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ اللهَ تَبَارَكَ وَتَعَالىَ كَتَبَ كِتَابًا قَـبْلَ أَنْ يَـخْلُقَ السَّموَاتِ وَاْلأَرْضِ بِأَلْفَي عَامٍ وَ أَنْـزَلَ مِنْـهُ آيَتَـيْنِ خَـتَمَ بِهِمَا سُـوْرَةَ الـْبَقـَرَةِ وَلاَ تُـقْرَآنِ فِي دَارٍ فَيَـقْرَبُهَا شَيْـطَانٌ ثَلاَثَ لَيَالٍ

"Sesungguhnya Allah Yang Maha Tinggi telah menulis sebuah kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi, dan Dia menurunkan darinya dua ayat yang menjadi penutup surat Al-Baqarah dan tidaklah keduanya dibaca pada sebuah rumah lalu setan (berani) mendekati rumah tersebut selama tiga hari". (HR. Al Hakim dalam kitab Al-Mustadrok 1/562, ia mengatakan bahwa hadits tersebut hasan)

Catatan Penting

Ali radhiyallahu anhu berkata: Aku tidak mengetahui seorangpun yang berakal akan tertidur sebelum ia membaca tiga ayat terakhir dari surat Al-Baqarah. (Al-Kalimut thayyib, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah hal. 19)

Artikel Ruqyah
www.belajarruqyah.com


Sumber:
الحصن الواقي, عبد الله بن عبد الرحمن السدحان
Benteng Diri, Abdullah bin Abdurrahman As Sadhan

Posting Komentar untuk "Amalan Perisai Ghaib 3: Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah (285-286)"