Download mp3 audio ruqyah syar'iyah (GRATIS) klik disini: https://bit.ly/2DAYKOL. Herbal terapi ruqyah dapat dibeli melalui: http://herbal.belajarruqyah.com. Join channel kami: t.me/belajarruqyahcom

(4) Hasad dan Ain : Persamaan dan Perbedaannya

Hasad dan Ain : Sama Tapi Beda
Musdar Bustamam Tambusai
(Founder MATAIR/Majlis Talaqqi Ilmu Ruqyah)

===================================

■ Hasad lebih umum daripada ' Ain. Orang yg melakukan 'ain adalah orang yg melakukan hasad secara khusus. "Setiap pelak hasad adalah pelaku ain tapi tidak semua pelaku ain digolongkan pelaku hasad".

■ Dalam QS. al-Falaq disebutkan isti'adzah (berlindung) dari "Orang yg dengki apabila dia dengki". Artinya, jika seorang muslim berlindung kpd Allah dari kejahatan orang yg hasad (dengki), maka termasuk di dalam (perlindungan) dari kejahatan orang yg melakukan 'ain. Ini salah satu bentuk balaghatul qur'an, disebut satu tapi mencakup semua.

■ Hasad (kedengkian) itu terjadi karena iri, benci dan berharap hilangnya kenikmatan (karunia) dari genggaman orang lain. Sedangkan 'ain bisa juga disebabkan oleh kekaguman, menganggap besar org lain dan sejenisnya.

■ Hasad dan 'ain sama pada tataran efek atau akibat. Artinya, keduanya sama-sama menyebabkan dhoror / bahaya (sakit, kecelakaan dsb).

■ Orang yg hasad bisa bersikap dengki pada perkara yg diperkirakan akan terjadi. Sedangkan pelaku 'ain hanya bersikap pada sesuatu yg sudah ada atau sudah terjadi.

■ Seseorang tidak bisa menimpakan hasad pada diri dan hartanya, tapi bisa menimpakan ain pada diri dan harta bendanya.

■ Sebagaimana telah disebutkan bahwa hasad muncul dari jiwa yg kotor dan iri, sementara 'ain terkadang bisa berasal dari orang yg sholeh.

■ Semoga kita terhindar dari hasad dan ain serta akibat yg ditimbulkannya. Aamiin.
Belajar Ruqyah
Belajar Ruqyah

Previous
Next Post »

Komentar anda akan di moderasi dulu oleh admin, terima kasih.
EmoticonEmoticon