Download gratis audio ruqyah >>klik disini. Download gratis ebook tutorial ruqyah >>klik disini. Daftar peruqyah syar'iyah se-indonesia >>klik disini. Herbal penunjang terapi ruqyah >>herbal.belajarruqyah.com. Buku panduan ruqyah >>klik disini. Channel telegram kami >>t.me/belajarruqyahcom. Instagram kami >>instagram.com/belajarruqyah.

(3) Hasad: Keburukannya Dan Bahayanya

Bahaya Hasad

====================

Hasad yang berbahaya itu adalah ketika seseorang tidak menginginkan bersemainya kebaikan pada diri seseorang. Ada keinginan agar kenikmatan dan anugerah yang telah Allah berikan kepadanya tercabut dan hilang sehingga dia menjadi lebih rendah atau setidaknya memiliki kedudukan yg sama dengan sang pendengki yg memiliki hasad itu. Jika orang yang hasad itu sudah melihat dirinya sama posisinya, timbul rasa senang atau bahagia. Syukur-syukur jika nikmat itu berpindah kepada dirinya.

Orang yang hasad -sesungguhnya- tidak sedang memusuhi manusia, tapi sedang menggugat Allah yg telah melimpahkan karunia dan nikmat kepada hamba-Nya. Artinya, dia tidak senang kepada Allah yg telah memberikan kelebihan kepada orang lain. Mengapa tidak kepada dirinya ? Penyakit hasad ini bukti keimanan dan tauhid seorang penghasad benar-benar bermasalah besar.

Pendek kata, hasad itu sesuatu yg sangat berbahaya dan sepatutnya harus dijauhi. Dari banyak keterangan, hasad itu memilki fakta spt berikut ini :

1. Hasad Menunjukkan Kelemahan Iman. Dalam hadits Nabi disebutkan "Tidak beriman salah seorang kamu sampai dia bisa mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri".

2. Hasad Menunjukkan Hilangnya Kasih Sayang. Nabi saw menyebutkan bahwa perumpamaan orang-orang beriman itu dalam cinta dan kasih sayang mereka seperti satu tubuh. Apabila satu anggota tubuh mengalami sakit, maka anggota tubuh yg lain akan merasakan".

3. Hasad Sebuah Bentuk Maksiat kepada Allah. Karena menentang larangan Nabi saw yg mengatakan "Janganlah kamu saling mendengki....dst". Melanggar larangan adalah pembangkangan.

4. Hasad Menunjukkan Hilangnya Solidaritas Seorang Mukmin. Nabi saw menyebutkan bahwa orang-orang yg beriman itu seperti bangunan yg saling menguatkan dan saling menyokong, bukan menghancurkan.

5. Hasad Merupakan Karakter Buruk dari Makhluk Terburuk, yaitu :
(a). IBLIS (QS. al-Baqarah : 34)
(b). YAHUDI dan NASRANI (QS. al-Baqarah : 109 dan an-Nisa : 54).
(c). KAUM MUNAFIK (QS. Ali Imran : 119 - 120)

Semoga kita dijauhkan Allah dari penyakit HASAD yg dapat meruntuhkan kekuatan ukhuwah dan persaudaraan dikalangan umat Islam. Jika ada saudara kita yg memiliki suatu kelebihan yang diberikan Allah, ucapkan lah doa keberkahan (tabrik) dan berikan selamat kepadanya.

Mari saling menguatkan, bukan melemahkan.
Mari saling membesarkan, bukan mengecilkan.
Mari saling meninggikan, bukan merendahkan.

Karena Kuat, Besar dan Tinggi adalah Bangunan Islam yang harus kita jaga bersama dan kita semua ada di dalamnya.

=======================

Bahaya Hasad Terhadap Individu dan Masyarakat

=======================

■ Hasad yg lahir dari hati yg kotor menjadi ancaman bagi pemiliknya sebagaimana telah dijelaskan pada tulisan-tulisan sebelumnya.

■ Tapi hasad juga menjadi ancaman bagi orang lain, baik secara individu maupun masyarakat. Karena hasad tidak hanya bersarang di dalam hati tapi juga bisa menyerang orang lain.

■ Bahaya hasad yg mengancam pemilik hasad itu sendiri :

1• Mencukur agama (Haliqatud Din).
Nabi s.a.w mengatakan "Telah menjalar di dalam tubuh umat ini penyakit umat sebelum kamu, yaitu kebencian dan kedengkian. Itulah yg dapat mencukur agama bukan mencukur rambut". Bahasa majazi ini menunjukkan bahwa hasad spt pisau cukur yg mengikis agama seseorang.

2• Hasad itu kontra dengan Iman.
Orang yg hasad (dengki) sesungguhnya sedang melakukan konfrontasi dengan Allah. Seakan-akan dia protes kpd Allah yg telah memberi suatu anugerah kpd orang lain. Tidak siap menerima kelebihan org lain, padahal Allah yg menghendakinya. Rasulullah s.a.w mengatakan bahwa "Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka tidak saling hasad".

3• Hasad Menghapuskan Kebaikan.
Dalam hadits Nabi disebutkan bahwa "Hasad akan memakan semua kebaikan seperti api melahap kayu bakar".

■ Bahaya hasad yg mengancam masyarakat :

1• Menimbulkan Tindakan Kriminal.
Kedengkian akan membawa pada kebencian dan permusuhan. Sedangkan kebencian itu dapat mendorong seseorang utk melenyapkan nyawa orang lain. Lihatlah kasus pembunuhan pertama di atas bumi ini, hal itu disebabkan oleh kedengkian.

2• Menimbulkan Pergunjingan dan Adu Domba.
Munculnya sifat buruk seperti ghibah dan namimah disebabkan kedengkian. Sifat ini menimbulkan ketidakharmonisan ditengah masyarakat bahkan akan saling mencurigai satu dgn yg lain.

3• Menimbulkan Pengkhianatan.
Orang yg merasa dirinya lebih baik dari orang lain akan merasa tersingkirkan ketika dirinya tidak diapresiasi oleh lingkungannya. Sehingga kedengkiannya muncul terhadap org lain yg dianggapnya sbg pesaing. Bermula dari itu diam-diam dia melakukan makar dan pengkhianatan utk menjatuhkan pesaingnya meskipun itu adalah sahabat dan saudaranya.

■ Bahaya hasad secara Medis.
Selain membahayakan dari aspek agama, hasad juga membahayakan dari aspek medis.

1• Hasad Menyebabkan Penyakit Psikis.
Pakar kedokteran Islam zaman klasik, Abu Bakar ar-Rozi menyebutkan bahwa "Hasad itu dapat membahayakan jiwa sehingga membuatnya lari dari perkara penting". Hasad melahirkan kepicikan dan kelicikan, kesempitan didalam jiwa, kegalauan dan negative thinking serta gangguan psikis lainnya.

2• Hasad Menimbulkan Penyakit Fisik.
Hasad dapat menyebabkan efek fisikis sehingga menimbulkan penyakit. Karena hasad dapat menghilangkan selera makan dan membuat badan mengalami gangguan sehingga timbul pusing dan bahkan memicu penyakit berat lainnya.

3• Hasad Menyebabkan Penuaan Dini.
Orang yg dengki lebih cepat tua dan beruban.

4• Hasad Menimbulkan Penyakit 'Ain.
Dalam surah al-Falaq, Allah menyuruh kita agar selalu berlindung kepada-Nya dari kejahatan orang yg dengki.

============

Musdar Bustamam Tambusai
(Founder MATAIR / Majlis Talaqqi Ilmu Ruqyah)
Belajar Ruqyah
Belajar Ruqyah

Previous
Next Post »

Komentar anda akan di moderasi dulu oleh admin, terima kasih.
EmoticonEmoticon