Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Setiap Reaksi Ruqyah Pasti Disebabkan Oleh Jin?

Syubhat Seputar Praktik Ruqyah / SSPR

==================

Syubhat I : Setiap Reaksi Pasti Jin
Musdar Bustamam Tambusai
(Founder MATAIR/Majlis Talaqqi Ilmu Ruqyah)

~~~~~~~~~~~~~~~~~

■ Dalam praktik ruqyah, sering terjadi reaksi saat dibacakan ayat-ayat ruqyah seperti bergetar, kejang-kejang, hilang ingatan dan sebagainya.

■ Banyak para peruqyah berkeyakinan bahwa itu pasti reaksi gangguan jin. Inilah yg sering membuat pasien semakin yakin bahwa dia mengalami gangguan jin.

■ Ini mengandung Syubhat. Satu sisi seakan benar ada gangguan jin, tapi pada sisi yg lain ternyata bukan.

■ Benar. Sebagian dari tanda-tanda gangguan jin, sihir dan 'ain adalah hal-hal yg telah disebutkan sebagaimana ditulis dlm banyak kitab dan buku ruqyah.

■ Tapi, bukan berati bahwa setiap orang yg dibacakan ayat-ayat ruqyah lalu dia bergetar atau pingsan, langsung di vonis ada gangguan jin.

■ Reaksi yg muncul seperti hal-hal yg telah disebutkan kemungkinan disebabkan banyak hal, diantaranya :

1. Faktor Mindset.
■ Ada semacam keyakinan sebagian orang bahwa setiap ruqyah akan menimbulkan reaksi seperti kesurupan atau muntah. Hal itu seakan terekam dlm alam bawah sadarnya. Ketika berlangsung ruqyah terhadap dirinya, dia langsung mengalami apa yg dipikirkannya selama ini.

2. Jiwa yg Tertekan.
■ Bukan satu atau dua kasus yg pernah saya hadapi. Ada anak atau isteri yg dianggap atau dituduh punya kebiasaan buruk yg dituduhkan kpd-nya sebgai gangguan jin. Hal itu terus dituduhkan kpdnya sampai orangtua atau suaminya tidak punya pilihan lain kecuali minta dirinya diruqyah. Nah, utk menyenangkan pihak keluarga, dia pun melakukan sandiwara.

3. Faktor X.
■ Faktor ini terkadang dapat ditemukan saat mewancarai pasien ketika menceritakan riwayat penyakitnya. Banyak faktor yg tidak bisa dijelaskan tapi yang pasti ketika diruqyah dia mengalami hal-hal yg dialami oleh orang yg kesurupan.

■ Oleh karena itu, seorang peruqyah jangan cepat melakukan vonis gangguan jin, sihir dan sebagainya ketika menghadapi kasus spt ini.

■ Cobalah dipelajari lebih lanjut dari riwayat penyakit atau dari aspek psikologi pasien dan keluarganya.

■ Jika tidak, maka bisa saja menimbulkan masalah yg lebih besar bagi pasien dan lingkungannya.

■ Wallahul Musta'an.

Posting Komentar untuk "Apakah Setiap Reaksi Ruqyah Pasti Disebabkan Oleh Jin?"