Download gratis audio ruqyah >>klik disini. Download gratis ebook tutorial ruqyah >>klik disini. Daftar peruqyah syar'iyah se-indonesia >>klik disini. Herbal penunjang terapi ruqyah >>herbal.belajarruqyah.com. Buku panduan ruqyah >>klik disini. Channel telegram kami >>t.me/belajarruqyahcom. Instagram kami >>instagram.com/belajarruqyah.

Apakah Benar Ruqyah Bisa Membakar Dan Membunuh Jin?

Syubhat Seputar Praktik Ruqyah / SSPR

==================

Syubhat II : Peruqyah Mengaku Membakar atau Membunuh Jin
Musdar Bustamam Tambusai
(Founder MATAIR/Majlis Talaqqi Ilmu Ruqyah)

==================

■ Tugas seorang peruqyah adalah menolong saudaranya keluar dr problem kehidupannya, baik itu penyakit atau masalah kehidupan lainnya.

■ Dalam proses membantu orang lain dgn ruqyah syar'iyyah, seorang peruqyah hanya melakukan hal-hal berikut :
1. Mendiagnosa gangguan melalui wawancara, reaksi sebelum dan sedang diruqyah dsb.
2. Membacakan ayat-ayat ruqyah.
3. Memberikan nasehat, termasuk meluruskan pemahaman pasien dlm masalah akidah, ibadah dll.
4. Memberikan anjuran utk melakukan terapi lain yg dapat mendukung penyembuhannya.

■ Apapun yang terjadi saat proses ruqyah syar'iyyah merupakan hal-hal yg boleh dijelaskan sebatas pengetahuan seorang peruqyah berdasarkan dalil dan fakta yg sesungguhnya.

■ Adapun melakukan klaim bahwa peruqyah telah membakar, menyembelih atau membunuh jin, merupakan perkara syubhat yg dapat jatuh kpd penyimpangan akidah.

■ Sebab hal-hal yg ghaib tidak bisa diukur dgn logika atau hanya sekedar pengakuan pasien.

■ Al-Qadhi Abdul Jabbar al-Hamdani berkata :

اعلم ان الدليل علی اثبات وجود الجن السمع دون العقل وذلك انه لا طريق للعقل الی اثبات اجسام غاءیبة
"Ketahuilah bahwa dalil utk memastikan adanya jin adalah as-sam' (mendengar berita wahyu), bukan melalui akal. Karena akal tidak punya akses utk memastikan benda-benda ghoib".

■ Untuk masalah keberadaan jin saja kita mesti punya dalil yg jelas, apalagi utk memastikan dia mati, terbakar dsb. Apa yg dapat kita jadikan pegangan utk membenarkan klaim itu?

■ Jika hanya menurut pengakuan jin bahwa banyak temannya yg sudah terbakar, ingat bahwa jin sangat pandai berbohong dan itu sifat aslinya tanpa dapat kita deteksi kebohongan itu kecuali dgn ilmu dan iman.

■ Sepatutnya, seorang peruqyah tidak mudah mengumbar kata-kata yg tidak perlu. Apalagi sampai meyakinkan pasiennya agar dianggap punya kelebihan dari orang lain.

■ Selain klaim membakar dan menyembelih, ada pula klaim memenjarakan, mengikat dan sebagainya. Ini lebih kurang sama saja sbg klaim yg tidak berdasar.

■ Wallahul a'lam.
Belajar Ruqyah
Belajar Ruqyah

Previous
Next Post »

Komentar anda akan di moderasi dulu oleh admin, terima kasih.
EmoticonEmoticon