Download mp3 audio ruqyah syar'iyah (GRATIS) klik disini: https://bit.ly/2DAYKOL. Herbal terapi ruqyah dapat dibeli melalui: http://herbal.belajarruqyah.com. Join channel kami: t.me/belajarruqyahcom

TADABBUR SURAH YUSUF AYAT KE-5 TENTANG BAHAYANYA HASAD

TADABBUR SURAH YUSUF AYAT KE 5 TENTANG BAHAYANYA HASAD
Salahudin Sunan Al-sasaki

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله وحده والصلاة والسلام على من لا نبي بعده وعلى آله وصحبه وسلم تسليماّ كثيراً مزيداً إلى يوم الدين. اما بعد:

قَالَ يَا بُنَيَّ لَا تَقْصُصْ رُؤْيَاكَ عَلَىٰ إِخْوَتِكَ فَيَكِيدُوا لَكَ كَيْدًا ۖ إِنَّ الشَّيْطَانَ لِلْإِنْسَانِ عَدُوٌّ مُبِينٌ
"Dia (ayahnya) berkata, “Wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu, mereka akan membuat tipu daya (untuk membinasakan)mu. Sungguh, setan itu musuh yang jelas bagi manusia". (Yusuf: 5).

Dalam ilmu ruqyah syar'iyah, ayat diatas penuh dengan pelajaran bagaimana agar terhindar dari tertimpa hasad. Ayat yang mulia diatas mengajarkan kita agar nikmat-nikmat yang ada pada kita diusahakan untuk tidak di ceritakan kepada siapapun. Hasad adalah di antara penyakit hati. Inilah penyakit keumuman manusia. Tidak ada yang bisa lepas darinya kecuali sedikit sekali. Oleh karena itu ada yang mengatakan:

مَا خَلَا جَسَدٌ مِنْ حَسَدٍ لَكِنَّ اللَّئِيمَ يُبْدِيهِ وَالْكَرِيمَ يُخْفِيهِ
“Setiap jasad tidaklah bisa lepas dari yang namanya hasad (iri). Namun orang yang berpenyakit (hati) akan menampakkannya. Sedangkan orang yang mulia (hatinya) akan menyembunyikannya.”

Rasa iri ini tentu sangat fatal sekali bagi keutuhan nikmat-nikmat yang sedang kita miliki. Sayang sekali..! Di jaman NOW ini, kita justru dengan bangga memperlihatkan dan menceritakan setiap bagian kehidupan yang kita nikmati. Ketika kita makan, kita ambil gambarnya, lalu kita sebarkan. Ketika dalam perjalanan, kita ambil juga gambarnya, lalu kita sebarkan. Ketika sedang berbulan madu, kita sebarkan juga. Semua kegiatan-kegiatan kita tidak luput dari pantauan orang lain.

Semua ini tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak mengerti tentang bahayanya hasad, tapi juga sering dilakukan oleh orang-orang yang memang mengerti akan bahayanya hasad ini. Iya... iya..! Baru ingat..! Sekarang kita di jaman SELFIE..!

Setelah semua itu dilakukan, nikmat-nikmat yang kita miliki, tiba-tiba rusak dan pergi dari kita. Begitu banyak perceraian yang disebabkan oleh hasad. Begitu banyak anak-anak yang sakit karena hasad. Begitu banyak orang-orang yang tiba-tiba meninggal dunia karena hasad ini.

Ingat..., dan ingat saudaraku..! Hasad itu lebih berbahaya, dan jauh lebih kuat dari sihir.

العَيْنُ تُدْخِلُ الرَّجُلَ القَبْرَ وَالجَمَلَ القِدْرَ.
“(Pengaruh) al-‘ain (dapat) menyebabkan seseorang masuk ke dalam liang kuburannya dan unta ke dalam panci.” (HR. Ibnu ‘Adi dan Abu Nuaim).

Untuk itu jangan lagi ada nikmat-nikmat yang engkau sebarkan sehingga menjadi berita yang dapat dinikmati oleh dunia. CAMKAN BAIK-BAIK!

Semoga bermanfaat.

وصل الله على محمد وأله وصحبه وسلم. والحمد لله رب العالمين. والله اعلى واعلم
Belajar Ruqyah
Belajar Ruqyah

Previous
Next Post »

Komentar anda akan di moderasi dulu oleh admin, terima kasih.
EmoticonEmoticon