Toko Belajar Ruqyah, menyediakan berbagai kebutuhan ruqyah syar'iyah, seperti cd, vcd dan buku panduan ruqyah, serta herbal terapi ruqyah. Info klik disini.

Manfaat Mendengar Al-Qur'an Saat Tidur

Fakta Ilmiah Mendengar Murattal Saat Tidur

Jika setiap hari kita tidur selama 8 jam, berarti kita menggunakan sepertiga umur kita untuk tidur. Bahkan, waktu kita paling banyak adalah untuk tidur. Tetapi apakah itu berarti tidur tidak mengandung manfaat? Ataukah merupakan salah satu tanda kekuasaan Alloh sebagaimana firmannya di dalam QS. Ar. Rum [30]:23

"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di wwaktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian karunia-Nya. esungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan."

Jadi, tidur itu baik yang dilakukan pada malam hari maupun siang hari merupakan tanda kekuasaan Allah yang seyogianya menjadi bahan renungan kita. Mari kita perhatikan, bagaimana ayat diatas siakhiri dengan kata yasma'uun (mendengar). Seakan-akan ada hubungan antara indra pendengaran dengan proses tidur. Inilah yang dibuktikan para ilmuwan dalam bentuk gambar hidup..

Seorang ilmuwan melakukan penelitian terhadap beberapa orang yang sedang tidur. Ia mengambil gambar otak masing-masing orang yang sedang tidur dengan cara memasukkannya kedalam mesin MRI. Maka ia mendapati bahwa otak tetap aktif ketika tidur. Kemudian ia membacakan beberapa informasi kepada orang-orang yang sedang tidur itu. Sungguh mengejutkan bahwa ia menemukan respon otak terhadap informasi yang dibacakannya itu.. Jadi, bisa disimpulkan bahwa proses belajar tetap terjadi meski manusia sedang tidur. Akan tetapi, bagaimana tafsir ilmiah dari fenomena ini?

Riset-riset terbaru terhadap organ otak dalam ilmu tidur menjelaskan bahwa otak tidak berhenti bekerja meski dalam keadaan tidur. Sebaliknya, otak melakukan pekarjaan penyimpanan informasi yang dipelajarinya pada siang hari. Informasi-informasi ini disimpan pada malam hari.
Subhanallah..!

Saya merasakan banyak sekali manfaat mendengarkan Al Qur'an, terutama ketika tidur. Saya akan mengutip sebagian artikel yang pernah saya tulis yang berjudul "Al 'Ilaaj bil Istimaa'ilal Qur'aan" (Terapi dengan Mendengarkan AL Qur'an)

Mendengarkan ayat-ayat Al Qur'an secara berulang benar-benar akan memberikan berbagai manfaat berikut ini :
- Meningkatkan kekebalan tubuh
- Meningkatkan daya kreativitas
- Meningkatkan kemampuan konsentrasi
- Mengobati penyakit-penyakit kronis dan degeneratif
- Perubahan nyata pada perilaku dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain serta meraih kepercayaan mereka
- Ketenangan jiwa dan terapi ketegangan saraf
- Terapi sifat emosional dan mudah marah
- Kemmpuan mengambil keputusan yang tepat
Anda pasti akan melupakan semua hal yang terkait dengan rasa takut, ragu, atau cemas
- Mengembangkan dan menguatkan kepribadian
- Mengobati berbagai penyakit biasa seperti alergi, flu, pilek, dan sakit kepala
- Meningkatkan kemampuan berbicara dan komunikasi verbal secara cepat
- Mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker dan lain-lain
- Mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk seperti makan berlebihan dan merokok

=====================

Ir. Abdud Daim Al Kahil
Penulis buku "Thariqah Ibdaa'iyah li Hifzhil Qur'aanil Kariim" (Menghafal Tanpa Guru-Mumtaza)
Seorang hafizh Al Qur'an yang juga seorang peneliti Islam
Belajar Ruqyah
Belajar Ruqyah

Previous
Next Post »

Komentar anda akan di moderasi dulu oleh admin, terima kasih.
EmoticonEmoticon